[UPDATED] Download E-book Tangan-tangan Kecil Bawean

**UPDATE**

Akhirnya! Setelah satu bulan menunda  menyelesaikan editing (karena versi pertama dicetak agak terburu-buru), buku Tangan-tangan Kecil Bawean bisa diunduh secara gratis. Hore! *tepuk tangan sendirian*

Buku ini adalah ide dadakan Pengajar Muda VI Bawean ketika memasuki semester dua penugasan. Dipikir-pikir, selama hampir tiga tahun Indonesia Mengajar berada di Bawean, kok rasanya belum ada media publikasi komprehensif (halah bahasamu le) tentang pendidikan di Bawean ya? Memang sih, sudah ada beberapa newsletter dan majalah terbitan Disdik dan Pemkab Gresik, tapi rasanya kok masih kurang mengekspos tentang Pulau Bawean ya.. Keinginan kami sederhana kok, suara para pejuang-pejuang daerah ini didengar oleh mereka yang berwenang.

Nah, daripada cuma mengomel, lebih baik ambil solusi: buat buku sendiri.

Saya copas dari Catatan Penulis ya…

Satu tahun hanyalah 365 hari saja. Ini merupakan waktu yang sangat singkat untuk bisa menyelesaikan membaca sebuah ensiklopedia bernama Bawean. Kami baru membuka halaman-halaman depan. Ya, kami baru sempat menelusuri judul-judul besarnya ketika tetiba datanglah masa di mana kami harus meninggalkan kampung halaman kedua ini.


Tapi sungguh, satu tahun adalah waktu yang cukup untuk kami syukuri sepanjang sisa usia. Kami telah diberi kesempatan berguru langsung pada kejadian-kejadian untuk belajar tentang apa itu kehidupan. Kami dipertemukan dengan orang-orang yang mengagumkan. Mereka, yang terus bekerja dalam sunyi meski tak ada yang melihat. Mereka, yang bekerja dengan hati mencurahkan segala pikiran dan tenaganya. Mereka, yang fokus pada perubahan menuju arah kebaikan. Tangan-tangan kecil itu sekilas nampak tak berdaya, tapi ketika kita kumpulkan seluruhnya, ia menjadi sebuah kekuatan masif.


Kami merupakan angkatan ketiga sejak Indonesia Mengajar berlabuh di pulau kecil ini. Artinya, sudah tiga tahun pula kami menjadi saksi akan kerasnya kerja bakti para pelaku pendidikan Bawean khususnya dan Gresik pada umumnya. Kami tak melulu berbagi, justru kami yang lebih banyak mendapatkan inspirasi. Rasanya sayang jika semua hal berharga itu hanya disimpan di sudut memori. Perlahan, kami menuliskannya sehingga jadilah tulisan-tulisan sederhana yang terangkum di buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

(….)

Alhamdulillah, buku versi cetak yang didukung penerbitannya oleh Disdik Gresik dan dibagikan kepada para stakeholder (inilah target utama kami) mendapat sambutan yang hangat saat launching. Responnya sesuai yang kami duga, banyak stakeholders tidak tahu bahwa kemajuan pendidikan di Bawean sudah sepesat ini, dan sebaliknya, ada masalah-masalah urgent yang belum tertangani. Salah satu pejabat Disdik Gresik bahkan berceletuk, “Lho, saya baru tahu Mba kalo sekolah di gunung-gunung ini tetap ada muridnya.” See? Itulah motivasi utama kami menulis.

E-book gratis dapat diunduh melalui Issuu (need login) dan ziddu (langsung download)

 ISSUU:
Tangan-tangan Kecil Bawean (klik share -> download)
Karena file nya agak besar, saya juga pisah e-book ini jadi tiga bagian biar ga terlalu berat mengunduhnya:

TTKB part 1
TTKB part 2
TTKB part 3

ZIDDU

TTKB part 1
TTKB part 2
TTKB part 3

Ini previewnya:

Yah, mungkin ada yang mikir, “Cuma ngajar satu tahun aja pake bikin buku segala.” Justru itu, satu tahun ini sangat istimewa jhe… Buku hanyalah salah satu cara penolak lupa. Karena nyinyir saja tak ada gunanya~~

Selamat membaca, dan jangan lupa sebarkan ebook ini agar semakin banyak yang menyadari bahwa kita masih layak untuk optimis.

**PS: Kami terbuka akan saran dan kritik untuk project-project selanjutnya. Atau jika di antara teman-teman ada yang ingin mengoleksi versi cetak, silakan colek saya via email maharsiwahyu[at] yahoo [dot] com. Terimakasih!

54 thoughts on “[UPDATED] Download E-book Tangan-tangan Kecil Bawean

Leave a Reply

%d bloggers like this: