Bumi Halmahera (9) : Gunung dan Laut

Membicarakan keindahan gunung dan laut di Maluku Utara seperti tak pernah ada habisnya. Siapa sangka, begitu besarnya kekayaan alam provinsi ‘kecil’ di timur Indonesia ini. Apalagi yang anda cari? Anda sudah mengintip halaman surga. Warna hijau dan biru berpadu begitu indahnya menjadi harmoni yang tak terbantahkan pesonanya.

Jika anda tidak percaya akan kata-kata saya dan ingin melihat semua anugerah ini secara langsung, apalagi yang anda tunggu! Dari Pulau Jawa, beberapa perusahaan penerbangan menyediakan rute penerbangan ke Ternate, sebut saja Express Air, Sriwijaya Air, Lion Air, atau bahkan Garuda Indonesia. Range harga sekitar 800 ribu – 1,3 juta. Untuk Garuda Indonesia antara 1,7 juta – 2,5 juta. Biasanya pesawat akan transit dulu di Manado atau Makassar. Dari Manado, untuk pertama kalinya saya merasakan naik pesawat baling-baling yang suaranya gaduh bukan main. Jika anda tidak punya cukup uang untuk naik pesawat, coba rasakan sensasi berlayar selama empat hari dengan kapal besar yang disediakan PT Pelni. Selama sebulan ada beberapa kali pelayaran ke Ternate. Dari Ternate, anda bisa menyeberang ke Halmahera menggunakan speedboat seharga 50 ribu dengan tujuan Jailolo atau naik kapal feri dengan tujuan Sidangoli. Di Jailolo ada beberapa penginapan yang tersedia di dekat pelabuhan. Salah satu yang paling terkenal adalah Hotel Camar disebelah Pasar Ikan, dari hotel anda cukup berjalan 10 menit untuk sampai ke pelabuhan.

Anda ingin merasakan cantiknya Teluk Jailolo dengan suasana berbeda? Silakan datang di bulan Mei, akan diadakan Festival Teluk Jailolo. Jailolo akan tampak meriah dan semakin menawan dengan panggung di atas lautnya. Rasakan keramahan di bagian lain Indonesia, negara kita tercinta.

 

lekuk khas Halmahera dilihat dari Jailolo Bay
 
Gunung Gamalama (Agustus 2011) dilihat dari pelabuhan Bastiong, Ternate.
Pulau Babua, pulau kecil tak berpenghuni ini dilengkapi pasir putih, batuan vulkanik besar, dan karang cantik di dasar lautnya.
Gunung Jailolo dilihat dari Pulau Babua yang berbatu-batu
Dasar dermaga speedboat Ternate ini terlihat begitu jernih.
Tidore membiru di kejauhan, dilihat dari Pelabuhan Bastiong Ternate.

seluruh foto diambil dengan kamera Sony Nex 5 dan lensa 18-55mm

0 thoughts on “Bumi Halmahera (9) : Gunung dan Laut

Leave a Reply

%d bloggers like this: