Bumi Halmahera (6): Siliwangi

 

Halo, perkenalkan namanya Siliwangi. Umurnya baru empat tahun dan tinggalnya di depan rumah pondokan kami. Mukanya lucu, dan ga ada karakteristik Maluku kecuali kulitnya yang cokelat eksotis. Ada cerita unik dibalik nama Siliwangi tersebut, yang memang kurang familiar di Maluku.

Seorang tentara pernah datang dan tinggal di Akelamokao tempat tinggal orangtua Angi (panggilan Siliwangi). Kata orangtua Angi, tiap ada pendatang tinggal disana dan kemudian akan pergi, maka sebelumnya pergi akan memberikan nama ke bayi yang baru lahir dan  bayi itu adalah Angi. Yap, nama Siliwangi didapatkan dari seorang tentara, sesuai dengan nama Prabu Siliwangi yang terkenal di tanah Jawa.

(sayangnya waktu itu ga ada bayi mau lahir, jadi Akelamos ga ngasih nama ke siapa-siapa deh :p)

Walau baru empat tahun, Angi jago main bola. Gesit dan tidak kenal lelah. Kami pernah menonton Angi dan sepupunya main bola satu lawan satu di halaman rumah. Bahkan ia sangat pandai melakukan selebrasi ketika sukses menjebol pertahanan sepupunya. Persis yang dilakukan pemain bola di TV. Berlari keliling halaman sambil jarinya membantuk huruf v dan sesekali mengecupkan jari di bibirnya.

Mungkin Angi akan jadi pemain bola unggulan Desa Akelamokao suatu saat nanti 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: