Sunrise Hunter : Telomoyo Magelang

Para sunrise/sunset hunter (salah satunya adalah saya!) selalu mencari spot terbaik untuk memuaskan hasrat melihat si bulat jingga bercengkrama dengan cakrawala. Sebut saja beberapa tempat yang sudah terkenal sejak lama, seperti Bukit Bintang, Parangtritis, dan Candi Ratu Boko. Tapi jangan salah, selain tempat-tempat yang sudah lebih dahulu populer tersebut, ada beberapa referensi lagi yang tidak kalah serunya, seperti Gunung Nglanggeran di Gunungkidul, Parangndog di Bantul, atau Suroloyo di Kulonprogo (semuanya pernah saya posting di blog ini) Berbahagialah kita penduduk Jogja dan sekitarnya, ada banyak tempat tinggi seperti bukit atau pegunungan yang bisa dijadikan tempat ngendon menunggu si matahari.
Ingin menambah jam terbang, kali ini saya dan beberapa teman beranjak ke Magelang, sebuah gunung kecil (bukit mungkin lebih tepatnya) yang dijuluki Telomoyo. Gunung kecil ini berada dekat dengan Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing. Daerah sekitar Telomoyo pun pernah digunakan sebagai venue Festival Lima Gunung yang terkenal itu.

4 Replies to “Sunrise Hunter : Telomoyo Magelang”

  1. Seluruh magelang dikelilingi oleh ketinggian, seringkali orang menyebutnya "Papat Keblat Limo Pancer", artinya magelang yang dikelilingi oleh gunung dan dataran tinggi di empat arah penjuru mata angin, dan limo pancer artinya nomor lima adalah pusatnya (paku) yang berada di tengah-tengah, namanya Bukit Tidar. Kalau mau dapat sopt sunrise bagus ada di Sumbing, kalau sunset yang bagus ada di sekitar merbabu (Pogalan) dari tempat ini bisa melihat "kembar"-nya Sumbing dengan Sundoro dilatari warna jingga, atau kalau mau lebih bagus menjelang magrib bisa melihat warna biru bola langit yang hanya berlangsung 10 menit.

Leave a Reply